Entri Populer

Sabtu, 18 Juni 2011

komunikasi efektif

MAKALAH KOMUNIKASI DAN KONSELING
KOMUNIKASI EFEKTIF


logo_aisyah.jpg


DISUSUN OLEH:
SEFTI YANTI


PRODI DIV KEBIDANAN REGULAR
STIKES AISYAH PRINGSEWU
LAMPUNG
2011

KOMUNIKASI EFEKTIF

                       

1.      PENGERTIAN KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi merupakan terjemahan kata communication yang berarti perhubungan atau perkabaran. Communicate berarti memberitahukan atau berhubungan. Secara etimologis, komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio dengan kata dasar communis yang berarti sama. Secara terminologis, komunikasi diartikan sebagai pemberitahuan sesuatu (pesan) dari satu pihak ke  pihak lain dengan menggunakan suatu media. Sebagai makhluk sosial, manusia sering berkomunikasi satu sama lain. Namun, komunikasi bukan hanya dilakukan oleh manusia saja, tetapi juga dilakukan oleh makhluk-makhluk yang lainnya. Komunikasi dilakukan oleh pihak yang memberitahukan (komunikator) kepada pihak penerima (komunikan). Komunikasi efektif adalah Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam komunikasi dengan tujuan memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima sehingga bahasa lebih jelas, lengkap, pengiriman dan umpan balik seimbang dan melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.


2.      PROSES KOMUNIKASI EFEKTIF
Mewujudkan Proses Komunikasi Efektif
Bagaiman efek suatu proses komunikasi pada seseorang. Terhadap pesan yang dikomunikasikan bagaimana efeknya dapat diramalkan bagaimana timbul pada komunikan. Upaya untuk hal tersebut dengan menciptakan “the condition of success in communication”, yakni kondisi yang harus dipenuhi kika menginginkan suatu pesan dapat membangkitkan tangggapan yang kita kehendaki. Kondisi tersebut adalah :
*      Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan.
*      Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju pada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti.
*      Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
*      Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat digerakkan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki.

Selanjutnya seorang komunikator harus meneliti sedalam-dalamnya tujuan komunikan (know your audience) meliputi hal-hal :
·        Waktu yang tepat untuk suatu pesan
·        Bahasa yang harus dipergunakan agar pesan dapat dimengerti
·        Sikap dan nilai yangharus ditampilkan agar efektif
·        Jenis kelompok di mana komunikasi akan dilaksanakan
Perlu juga diperhatikan bahwa komunikan dapat dan akan menerima sebuah pesan jika terdapat kondisi berikut secara simultan :
·        Komunikan dapat dan benar-benar mengerti pesan komunikasi.
·        Pada saat komunikan mengambil keputusan, komunikan sadar bahwa keputusannya itu sesuai dengan tujuannya.
·        Pada saat komunikan mengambil keputusan, komunikan sadar bahwa keputusan itu bersangkutan dengan kepentingan pribadinya. Komunikan mampu untuk menepati baik secara mental maupun secara fisik. Selanjutnya fakta fundamental yang harus diperhatikan oleh komunikator, bahwa :
A.     Komunikan terdiri dari berbagai orang yang saling berinteraksi satu sama lain dalam suatu jaringan pranata sosial, maka setiap orang merupakan subjek bagi berbagai pengaruh diantaranya adalah pengaruh dari komunikator.
B.     Komunikan membaca, mendengarkan, menonton komunikasi yang menyajikan pandangan hubungan pribadi yang mendalam. Tanggapan yang diinginkan komunikator dari komunikan harus menguntungkan bagi komunikan, jika tidak komunikan tidak akan memberikan tanggapan.


3.      UNSUR UNSUR KOMUNIKASI
Agar dapat berkomunikasi secara efektif kita perlu memahami unsur-unsur komunikasi, antara lain:
1. Komunikator. (sebagai pengirim)
Pengirim (sender) yang mengirim pesan kepada komunikan dengan menggunakan media tertentu. Unsur yang sangat berpengaruh dalam komunikasi, karena merupakan awal (sumber) terjadinya suatu komunikasi
Ex:
1.      Menggunakan bahasa yang tepat ,menarik ,dan dimengerti pasien
2.      Menggunakan empati (menempatkan diri di tempat pasien)
3.      Mempertajam persepsi dgn membayangkan bagaimana pesan akan di terima,dibaca,ditafsir,dan ditanggapi oleh penerima
4.      Mengendalikan bentuk tanggapan dengan menggunakan kode atau lambing yang tepat dan saluran yang sesuai
5.      Bersedia menerima balik positif maupun negative
6.      Mengembangkan kredibilitas diri (kualitas pribadi ,mutu hidup,keahlian professional)
7.      Mempertahankan hubungan baik dengan penerima
2. Komunikan.(sebagai penerima)
Penerima (receiver) yang menerima pesan dari komunikator, kemudian memahami, menerjemahkan dan akhirnya memberi respon. Media. Saluran (channel) yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebagai sarana berkomunikasi. Berupa bahasa verbal maupun non verbal, wujudnya berupa ucapan, tulisan, gambar, bahasa tubuh, bahasa mesin, sandi dan lain sebagainya.
Sebagai penerima atau komunikan hal-hal yang harus di perhatikan:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar