Entri Populer

Sabtu, 18 Juni 2011

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG KESEHATAN

KATA PENGANTAR
Dengan rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-NYa sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Mata Kuliah Komputer dengan pokok pembahasan ”Manfaat Komputer Dalam Bidang Kesehatan Khususnya Kebidanan”.
Kami sangat menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan yang jauh dari kesempurnaan. Kami  juga mengucapkan terimakasih kepada Dosen Mata Kuliah Komputer yang memberikan tugas seperti ini karena membuat kami terangsang untuk berusaha dan berupaya keras untuk dapat menyelesaikannya dengan harapan hasil yang jauh lebih baik.
Kami juga mengucapkan banyak terimaksih Kepada :
1.      Bapak Isnaidi, S.Kep, selaku Ketua Yayasan STIKes Aisyah Pringsewu
2.      Ibu Anggalia Pitri, S.ST, selaku Ketua Program Studi DIV Kebidanan
3.      Bapak Triadi Nugroho, selaku dosen Mata Kuliah Komputer
4.      Seluruh temen-temen yang terlibat dalam menyelesaikan tugas makalah ini
Demikianlah makalah ini kami buat semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis




DAFTAR ISI

Kata Pengantar ............................................................................................................. i
Daftar Isi ...................................................................................................................... ii
BAB I : PENDAHULUAN ........................................................................................ 1
1.      : Manfaat Komputer Dalam Bidang Kesehatan …………………………….. 2
2.      : Komputerisasi Dalam Dokumentasi Kebidanan …………………………... 8
3.      : Model Computer Based Patient Record dalam Dokumentasi Kebidanan .... 9
4.      : Pentingnya Penggunaan Komputer Dalam Dunia Kesehatan ……………. 10
5.      Kegunaan USG Dalam Kehamilan ………………………………………... 14
BAB II : PENUTUP ................................................................................................. 16
1.      : Kesimpulan ................................................................................................. 16

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 17






BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media kesehatan. Media komputer dimanfaatkan dalam kesehatan karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media kesehatan lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa.  Perkembangan komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda nomerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Tetapi alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya sebatas melakukan penjumlahan. Komputer sendiri di artikan Hamacher sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Nasotion(2001), komputer dibagi menjadi beberapa generasi. Yaitu generasi pertama (1953-1958), generasi kedua(1958-1966), generasi ketiga (1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan generasi kelima (1982-sekarang). Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu manfaat komputer adalah dalam budang kesehatan misalnya pengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Komputer yang kita gunakan untuk mengukur suhu kita namakan dengan termometer. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model penemuan (problem solving), dan model permainan (game).

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

1.      MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG KESEHATAN
Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat Bantu yang dapat memudahkan pekerjaan. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang dibuatnya dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.
Kata media itu sendiri berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “ medium “ yang berarti “ pengantar atau perantara “, dengan demikian dapat diartikan bahwa media merupakan wahana penyalur informasi tentang kesehatan.
Kit Lay Bourne ( 1985 : 82 ) menyatakan bahwa “ penggunaan media tidak harus membawa bungkusan berita-berita semua, mahasiswa cukup dapat mengawasi suatu berita.” Dari pendapat tersebut dapat dihubungkan bahwa penyampaian materi pelajaran dengan cara komunikasi masih dirasakan adanya penyimpangan pemahaman oleh siswa. Masalahnya adalah bahwa siswa terlalu banyak menerima sesuatu ilmu dengan verbalisme. Apalagi dalam proses belajar mengajar yang tidak menggunakan media dimana kondisi mahasiswa tidak siap, akan memperbesar peluang terjadinya verbalisme. Untung di kampus kita ini menggunakan media yang bisa memudahkan kita dalam proses perkuliahan, sehingga kita selalu siap untuk menerima mata perkuliahan yang disampaikan oleh dosen-dosen kita.
Sasaran penggunaan media adalah agar mahsiswa mampu menciptakan sesuatu yang baru dan mampu memanfaatkan sesuatu yang telah ada untuk dipergunakan dengan bentuk dan variasi lain yang berguna dalam kehidupannya,. Dengan demikian mereka dengan mudah mengerti dan mamahami materi pelajaran yang disampaikan oleh dosen kepada mereka. 
Arief S. Sadiman ( 1984:6 ) mengatakan bahwa media “ adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
Dari pandangan yang ada di atas dapat dikatakan bahwa media merupakan alat yang memungkinakan anak muda untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dan dapat untuk mengingatnya dalam waktu yang lama dibangdingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantuan. 
Menurut Pebi julianto menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar mengajar tentang kesehatan, yakni :
1.      ada berbagai macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar mengajar tentang kesehatan.
2.      ada media yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu tantang kesehatan.
3.      ada perbedaan pemakaian media tersebut.
4.      ada perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan. 
Bertitik tolak dari pendapat tersebut, jelaslah bahwa memilih media tidak mudah. Media yang akan digunakan harus memperhatikan beberapa ketentuan dengan pertimbangan bahwa penggunaan media harus benar-benar berhasil guna dan berdaya guna untuk meningkatkan dan memperjelas pemahaman mahasiswa.

2 komentar:

  1. Emang top banget gan artikelnya sangat cocok dengan tugasku tentang Komputer yang tak terima. So kita mau ijin copast juga gan...

    BalasHapus
  2. izin copast juga ya, thanks sebelumnya

    BalasHapus